Tujuh keluarga menggapai keberhasilan melalui kebun sayur kelompok

Sebuah cerita keluarga dari desa Waility, Nusa Tenggara Timur.

Fransiska (dengan jempolnya), Katharina, Bibiana, Kartini dan Ester Ngole menunjukkan kegembiraannya  saat berhasil melakukan panen pertama di kebun sayur kol kelompok mereka

Kebun sayuran di Desa Waility, Indonesia adalah sebuah kebun kecil kelompok yang dikelola oleh tujuh keluarga yang menerima pelatihan bagaimana membuat kebun sayur kelompok yang didanai oleh donatur MicroAid. Luas kebun sayur itu saat ini hanya sekitar 400 meter persegi. Ini akan diperluas kemudian, sebagai hasil dari penjualan sayuran dari awal panen pertama masuk.

Sebulan lalu, sayur kubis telah dipanen untuk pertama kalinya dan berhasil menjual 340 buah kubis. Harga jual per kubis Rp 6.000 sehingga jumlah uang yang diperoleh sebesar Rp 2.040.000. Uang itu kemudian dibagi rata untuk tujuh keluarga, sehingga setiap keluarga menerima Rp 291.000. Panen kubis dilakukan setiap 4 minggu sekali.

Untuk meningkatkan pendapatan keluarga lebih lanjut, kelompok ibu-ibu akan memperluas wilayah kebun sayuran dengan tanaman sayur sawi. Uang dari panen kubis akan digunakan untuk membeli biji sawi dan akan ditanam di dekat kebun yang ada.

Ini ide yang baik karena untuk memperluas kebun bisa mereka lakukan sendiri. Mereka ingin menanam tanaman yang cepat menghasilkan sayuran dan mendapatkan harga yang lebih baik. Sayur sawi adalah pilihan mereka. Jika mereka berhasil dengan panen sawi, maka setiap keluarga akan mendapatkan tambahan sekitar Rp 300.000 per bulan. Bila digabungkan dengan pendapatan dari penjualan sayur kol, maka jumlah pendapatan setiap keluarga menjadi sekitar Rp 600.000 per bulan.

Sekarang kelompok keluarga tersebut masih membutuhkan bantuan untuk memperbaiki sumur yang ada agar mereka dapat lebih mudah menyirami tanamannya. Saat ini mereka menggunakan ember kecil yang digunakan secara bergantian oleh tujuh keluarga tersebut.


Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>